Minggu, 13 Januari 2013

Tenaga Panel Surya Mampu Menghasilkan Listrik dan Hidrogen

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Bowling Green State University, menunjukan bahan material panel surya baru yang berpotensi cukup besar, karena mampu menghasilkan listrik dan hidrogen pada waktu yang bersamaan. Penemuan ini sangat penting karena akan meningkatkan efektif energi efisiensi pada panel dengan menghasilkan energi ekstra.

Perkembangan baru ini berdasarkan pada pada penggunaan material nano-crystal buatan. Material tersebut memiliki dua komponen sekaligus yaitu yang bersifat photo catalysis yang mampu menghasilkan hidrogen ketika panel ditenggelamkan di air. Komponen kedua bersifat photovoltaic, mengubah cahaya menjadi energi listrik.

Namun ini masih pada tahap penelitian, tapi mengingat Hidrogen dipandang oleh banyak orang merupakan sebagai sumber energi masa depan, maka penciptanya berpikir ini mungkin dapat digunakan dipasar dan diproduksi secara massal. Dan Jika berhasil, maka ini akan menjadi metode alternatif untuk pengumpulan energi surya dan mereka akan berhasil menciptakan energi yang bersih untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar